7 Januari 2013

PMS (Sindroma Premenstrual)

Apa itu Sindroma Premenstrual (PMS)?
PMS adalah berbagai gejala fisik dan nonfisik yang dialami seorang perempuan, akibat reaksi tubuh terhadap fluktuasi kadar hormon yang terjadi menjelang menstruasi. Secara medis, hingga kini dilaporkan sekitar 100 gejala PMS, tetapi yang paling sering dialami adalah: Nyeri dan Kram perut, payudara kencang dan nyeri, kecanduan makanan tertentu, perubahan mood, mudah marah dan tersinggung, merasa depresi, perubahan nafsu makan, sakit kepala ringan, sulit berkonsentrasi,gangguan jerawat pada wajah bahkan gampang lelah dan susah tidur. 

Apa Penyebab Sindroma Premenstrual (PMS)?
Sampai saat ini penyebabnya belum begitu jelas diketahui. Tapi ada kemungkinan hal tersebut erat kaitannya dengan perubahan hormonal dalam tubuh.   

Bagaimana Cara Mengatasi Sindroma Premenstrual (PMS)?
  • Kurangi makanan bergaram, seperti kentang goreng, kacang-kacangan, dan makanan berbumbu, untuk mengurangi penahanan air berlebih.
  • Kurangi makanan berupa tepung, gula, kafein, coklat.
  • Perbanyak makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C dosis tinggi, seminggu sebelum menstruasi.
  • Makan makanan berserat dan perbanyak minum air putih.
  • Jika menstruasi cukup banyak mengeluarkan darah, perbanyak makan makanan atau suplemen yang mengandung zat besi agar terhindar dari anemia
cuplikan tulisan diatas saya ambil dari situs Laurier karna saya yakin itu informasi yang sangat berguna buat para perempuan, ada kalimat yang saya garis bawah dan di blok "Nyeri& Kram perut" saat pms itu yang sering di rasain para cewe memang ga semua cewe dan bersyukurlah kalian para cewe yang pms-nya gak ngerasain nyeri &kram perut.

yahh... kebetulan saya 1 di antara 1000 perempuan yang yang ngerasain sakitnya Nyeri&Kram perut itu, hampir semua obat udah pernah di coba, sampe ke dokter juga udah pernah, kata dokter suru di rongsen biar keliatan masalahnya, tapi saya ga suka bau rumah sakit + takut sama yang namanya rumah sakit. dari daftar nama pasien, suru nunggu lama buat di panggil, masuk ruang dokternya sampe di oper lagi ke ruang rongsen di tambah lagi kalo itu terjadi pas di saat hari pertama dan kedua mens, yang ada saya bisa gebukin itu dokter dan seisi rumah sakit karena lagi nahan sakitnya perut dan masih di suru jalan2 dan sabar nunggu giliran di panggil????? NO, GA BISA!!!! udah keburu ga bisa bangun!!!!!!! jadi saya putuskan buat pulang aja, tapi pas di jalan pulang saya inget obat yang dulu pernah di kasih dokter kantor pas saya lagi magang, tapi lupa namaya, cuma inget tulisannya warna merah.

saya mampir ke apotik besar karna di pikiran saya apotik besar pasti lengkap saya bilang sama mba yang ngelayanin saya di apotik, "mba saya cari obat nyeri haid bentuknya strip silver tulisannya warna merah, tapi saya lupa namaya" mba-nya binggung dia tanya sama perempuan agak tua, teryata itu apotekernya dan apotekernya langsung kasih saya ini...

namaya SPASMINAL obat ini buat nyeri perut kata apotekernya, tapi dia ga bisa ngilangin 100% sakit perutnya hanya meringgankan rasa nyeri perutnya, pas sampe rumah langsung saya minum dan hasilya emang bener ga ngilangin cuma meringgankan aja tapi syukurlah karna jadi bisa di ajak buat jalan.
sebelumnya saya pernah minum fem*nax tapi kata orang obat itu keras, dan saya juga ga tau dari segi komposisi apanya yang keras, pernah juga minum v*ta fem free herbal, mens*na, f*mona herbal tapi tetep aja gak ngefek buat perut saya. kalo minum ini alhamdulilah mendingan. tapi ga cuma sampe di situ aja saya juga cari info tentang si spasminal ini di om google dan dapet situsnya HEXPHARM PT si pemilik spasminal ini. terimakasih..... :P
 *saya membuat tulisan ini hanya untuk berbagi tidak ada maksud untuk memberikan dampak buruk bagi siapapun* 



0 komentar:

Posting Komentar

 
Eccy Rahma | eccyrahma.blogspot.com |